Biologiku.id seputar biologi dan kesehatan

Selasa, 26 Januari 2016

Apa Saja Contoh Yang Termasuk Gejala Alam Abiotik Kebendaan

iklan

Apa Saja Contoh Yang Termasuk Gejala Alam Abiotik Kebendaan - Komponen Biotik Biotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Komponen biotik adalah suatu komponen yang menyusun suatu Saya mau nanya, karna ini tugas dari sekolah. Pertanyaannya. Rumput dan bunga termasuk komponen biotik karna ? berikan kesimpulannyaKetika melihat ke ekosistem, gunung, sungai, dan awan akan memiliki banyak kesamaan daripada yang Anda kira. Faktor abiotik memiliki peran khusus dan penting di alam Definisi dan Macam-Macam Gejala Alam Abiotik. Definisi dan Macam-Macam Gejala Alam Abiotik – Pada topik sebelumnya, kalian sudah mempelajari Gejala Alam Biotik.Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewanPrinsip Sebaran atau Penyebaran adalah sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur.8 A. Lahan 1. Pengertian Lahan Lahan oleh memiliki beberapa pengertian yang diberikan baik itu oleh FAO maupun pendapat para ahli. Menurut Purwowidodo (1983 Artikel yang berjudul Hubungan Manusia dengan Lingkungan dalam ArtikelLingkunganHidup.com. Artikel tentang Hubungan Manusia dengan Lingkungan ini mempunyai sumber dan Cabang ini memusatkan pada geografi sebagai ilmu bumi, menggunakan biologi untuk memahami pola flora, dan fauna global, dan matematika, dan fisika untuk memahami Kerusakan lingkungan hidup merupakan deteorisasi lingkungan yang ditandai dengan hilangnya sumber daya tanah, air, udara, punahnya fauna liar, dan kerusakan ekosistem

A . Gejala Alam 
Cahaya matahari , hawa sejuk , tiupan angin , aliran air , dan pertumbuhan tumbuhan merupakan contoh gejala alam . Gejala alam dapat di bagi menjadi 2 , yaitu gejala alam kebendaan dan gejala alam kejadian menyangkut komponen biotik dan abiotic . 
Biotik ( mahkluk hidup ) dan abiotic ( mahkluk tak hidup ).

B . Gejala Alam Kebendaan dan Gejala Alam Kejadian 
Komponen Biotik 
Biotik artinya mahkluk hidup . Hewan , tumbuhan , mikroorganisme , dan manusia merupakan komponen biotik 
Mahkluk hidup memiliki ciri ciri tertentu . Keadaan atau ciri ciri khusus yang dimiliki oleh mahkluk hidup merupakan gejala alam kebendaan komponen biotik . 
Sebagai contoh : Tumbuhan putri malu ( Mimosa pudica ) memiliki ciri ciri bunganya berwarna merah muda , batangnya berduri , dan daunnya menutup jika disentuh . 

Semua mahkluk hidup melakukan aktivitas , seperti tumbuh , bergerak , berkembang biak , menanggapi rangsang , dan mengeluarkan zat sisa . Aktivitas tersebut merupakan gejala alam kejadian komponen biotik . 
Sebagai contoh : Kupu kupu itu sedang terbang kesana kemari , mencari madu . Dan mengisap sari sari bunga tersebut . 

Sebagai contoh : Lebah belang terbang disekitar bunga mawar merah yang batangnya berduri untuk mengambil madu . 
Komponen Biotik : Lebah belang dan bunga mawar merah . kira kira yang manakah yang gejala alam kejadian dan gejala alam kebendaan komponen biotik ? 
Gejala alam kebendaan komponen biotik : Pola belang pada lebah , warna merah dan duri pada mawar . sedangkan gejala alam kejadian komponen biotik : Terbang dan mengambil madu. 

C . Gejala Alam Kebendaan dan Gejala Alam Kejadian
Komponen Abiotik 

Abiotik artinya benda tak hidup . Udara , air , cahaya matahari , tanah , batu , dan api merupakan komponen abiotic . 
Sama seperti biotik , gejala alam kebendaan abiotic merupakan keadaan atau ciri ciri benda tak hidup. 
Sebagai contoh : sifat udara : menempati ruang , dapat bergerak bebas , volumenya tidak tetap , dan tidak berwarna ; Air dapat bergerak bebas sesuai dengan keadaan ruang dan volumenya tetap ; Tanah ada yang berwarna merah , hitam ,dan kuning ; Tanah dapat merupakan tanah liat , tanah lempung , tanah gembur ; cahaya dapat menembus udara dan air ; batu ada yang kecil dan ada yang besar , ada yang berwarna hitam ada pula yang berwarna cokelat ; Api bercahaya , warnanya merah atau ungu ; Api mempunyai sifat panas sehingga dapat membakar . 

Peristiwa yang terjadi pada benda tak hidup yaitu gejala alam kejadian komponen abiotic. 
Sebagai contoh : udara berpindah dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah ; Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah ; Salju turun pada musim dingin.

Apa Saja Contoh Yang Termasuk Gejala Alam Abiotik Kebendaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hoax Gaming

0 komentar:

Posting Komentar