Biologiku.id seputar biologi dan kesehatan

Jumat, 13 November 2015

SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

iklan

Proses pengeluaran zat sisa metabolisme dari sel-sel tubuh yang tidak berguna bagi tubuh disebut ekskresi. Selain melakukan pengeluaran zat sisa metabolisme, sistem ekskresi juga melakukan proses osmoregulasi. Osmoregulasi adalah pengaturan keseimbangan air di dalam tubuh mahluk hidup. Contoh osmoregulasi adalah keluarnya urine dari dalam tubuh. Volume urine yang dikeluarkan dari tubuh berubah-ubah. Jika kandungan air di dalam tubuh tinggi, urine yang dikeluarkan banyak. Sebaliknya, jika kandungan air di dalam tubuh rendah, urine yang dikeluarkan dari dalam tubuh kita sedikit.

Sistem ekskresi pada manusia dan vertebrata lainnya melibatkan organ ginjal, paru-paru, kulit, dan hati. Namun yang terpenting dari keempat organ tersebut adalah ginjal.

A. Organ Ekskresi Pada Manusia
1. Ginjal
Dalam tubuh terdapat sepasang ginjal terletak di sebelah kanan dan kiri yang berdekatan dengan tulang-tulang pinggang. Bentuk ginjal seperti kacang ercis dengan panjang lebih kurang 10 cm.
2. Kulit 
Kulit merupakan bagian terluar tubuh. Jadi, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan fisik seperti gesekan, panas, atau zat kimia. Kulit juga menjaga tubuh agar tidak banyak kehilangan air, yaitu dengan mengatur suhu tubuh. Selain itu, kulit juga selalu menerima rangsangan mekanis dari luar tubuh. Hal ini yang menyebabkan kulit selalu memperbarui sel-selnya karena setiap hari jutaan sel-sel kulit rusak. Selain hal-hal di atas, kulit mempunyai peranan penting dalam mengekskresikan zat-zat dalam bentuk keringat.

3. Paru-Paru 
Paru-paru selain berperan sebagai organ pernapasan juga berperan sebagai organ ekskresi (Gambar 8.9). Hal ini karena gas CO2 dan uap air (H2O) hasil proses metabolisme diangkut darah dari jaringan tubuh menuju paru-paru dan selanjutnya dikeluarkan dari tubuh pada waktu ekspirasi. CO2 sekitar 75% dari jaringan tubuh diangkut plasma darah dalam bentuk ion HCO3– (asam bikarbonat) dan sisanya sekitar 25% diikat oleh hemoglobin (Hb) membentuk senyawa HbCO2 (karboksihemoglobin). Coba Anda ingat kembali materi paru-paru pada bab Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan.
 
paru paru sebagai organ ekskresi
4. Hati
Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh, beratnya sekitar 1,5 kg atau sekitar 3–5% dari berat badan. Hati memperoleh darah dari arteri hepatica dan vena portal hepatica. Darah yang diangkut oleh arteri hepatica sebesar 30% dari jumlah darah total di hati. Darah ini berasal dari percabangan aorta sehingga kaya oksigen. Sementara itu, darah yang diangkut vena portal hepatica sebesar 70% dari jumlah darah total di hati. Darah ini banyak mengangkut zat-zat sari makanan dari usus halus. Pada organ ini hanya terdapat satu macam pembuluh yang mengangkut darah keluar dari hati, yaitu vena hepatica
hati sebagai alat organ ekskresi

Selain pembuluh darah, hati juga dilengkapi dengan saluran empedu yang mengangkut hasil produksi empedu dari hati menuju duodenum.

SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hoax Gaming

0 komentar:

Posting Komentar