Biologiku.id seputar biologi dan kesehatan

Selasa, 15 Desember 2015

PERBEDAAN SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

iklan

Ada beberapa bagian yang menjadi pembeda antara sel tumbuhan dan sel hewan.
Perhatikan gambar di bawah ini.
Sel eukariotik pada tumbuhan

Sel eukariotik pada hewan
1. Sel Tumbuhan
    Sel tumbuhan memiliki dinding sel, plastida, dan vakuola yang tidak dimiliki oleh sel hewan.

       a.  Dinding Sel
Dinding sel tersusun dari selulosa, hemiselulosa, pektin, dan lignin (zat kayu). Zat-zat tersebut menyebabkan bentuk sel tumbuhan lebih keras daripada sel hewan.

Fungsi dinding sel adalah memberi bentuk sel, melindungi bagian dalam sel, dan bersama vakuola berperan dalam kekakuan (turgiditas) sel.
           
 Pada saat penebalan dinding sel, ada bagian-bagian sel yang tidak mengalami penebalan sehingga terdapat celah yang disebut noktah,  Melalui noktah terjadi hubungan antara sel satu dan sel yang lain melalui penjuluran benang-benang sitoplasma yang sangat tipis yang disebut plasmodesma.

Plasmodesma berfungsi menghubungkan sitoplasma pada jaringan tumbuhan menjadi satu kesatuan sehingga memungkinkan terjadinya gerakan berbagai zat antarsel.

         b. Plastida
Plastida adalah organel yang mengandung pigmen. Menurut warna dan fungsinya, ada tiga macam plastida, yaitu
  1. Kloroplas, merupakan plastida yang berwarna hijau (mengadung klorofil). Kloroplas banyak terdapat pada daun dan bagian batang yang hijau.
  2. Leukoplas, merupakan plastida yang tidak mengadung pigmen warna. Leukoplas banyak terdapat pada akar, daun yang masih muda, dan biji-bijian. Menurut fungsinya, leukoplas dibedakan menjadi tiga, yaitu :
              

PERBEDAAN SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hoax Gaming

0 komentar:

Posting Komentar